Mengapa Rakyat Indonesia Masih Percaya Akan Hal - Hal Mistik

Saturday, March 20, 2010
Kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan, kebudayaan telah turun temurun diwariskan dari generasi sebelumnya ke generasi berikutnya. Kita sebagai rakyat bangsa Indonesia memang harus berbangga hati dan mau melestarikan kebudayaan tersebut. Tetapi sangat disayangkan kebudayaan yang berbau mistis juga tidak bisa lepas dari masyarakat Indonesia). Mungkin karena dulu masyarakat kita menganut agama Dinamisme dan Animisme. Padahal hal- hal yang seperti itu harusnya mulai dihilangkan, karena sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman.
Masyarakat kita masih banyak yang percaya dengan hal- hal yang bersifat mistis. Ini terbukti dengan adanya berita di televisi yang memberitakan penyimpangan perilaku/ tindakan kriminal (mutilasi) yaitu seseorang berani membunuh temannya sendiri kemudian mengambil jantung dan hatinya untuk dimakan, hanya karena ingin mendapatkan kekuatan. Benar- benar tindakan yang tidak manusiawi. Contoh lainnya dalam masyarakat adalah seorang yang ingin kaya tetapi tidak ingin berusaha, sehingga melakukan pesugihan. Kadang sulit dipercaya hal- hal seperti ini masih ada dalam masyarakat kita sekarang ini.
Saya rasa untuk menghilangkan hal- hal yang berbau mistis tersebut memang tidaklah mudah. Mungkin salah satunya karena faktor ekonomi dan pendidikan masyarakat kita yang rendah serta yang paling penting adalah rendahnya kualitas iman seseorang (penanaman nilai- nilai agama kurang). Oleh karena itu, marilah kita menanamkan nilai- nilai agama yang kuat dan pendidikan yang tinggi sehingga hal- hal tersebut (percaya pada mistis) akan bisa dihilangkan.

0 comments:

Post a Comment